Referensi Pernikahan Dalam Qur’an dan Hadist

“Sesungguhnya, apabila seorang suami memandang isterinya (dengan kasih & sayang) dan isterinya juga memandang suaminya (dengan kasih & sayang), maka Allah akan memandang keduanya dengan pandangan kasih & sayang. Dan apabila seorang suami memegangi jemari isterinya (dengan kasih & sayang) maka berjatuhanlah dosa-dosa dari segala jemari keduanya” (HR. Abu Sa’id)



“Shalat 2 rakaat yang diamalkan orang yang sudah berkeluarga lebih baik, daripada 70 rakaat yang diamalkan oleh jejaka (atau perawan)” (HR. Ibnu Ady dalam kitab Al Kamil dari Abu Hurairah)


“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” (Ar-Ruum 21)

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (An Nuur 32)

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (Adz Dzariyaat 49)

“Janganlah kalian mendekati zina, karena zina itu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk” (Al-Isra 32)

“Dialah yang menciptakan kalian dari satu orang, kemudian darinya Dia menciptakan istrinya, agar menjadi cocok dan tenteram kepadanya” (Al-A’raf 189)

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)” (An-Nur 26)

“Berikanlah mahar (mas kawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan” ( An Nisaa : 4)

“Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.)

“Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah” (HR. Tirmidzi)

“Janganlah seorang laki-laki berdua-duan (khalwat) dengan seorang perempuan, karena pihak ketiga adalah syaithan” (Al Hadits)

“Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang telah mampu untuk kawin, maka hendaklah dia menikah. Karena dengan menikah itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah dia berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu bisa menjadi perisai baginya” (HR. Bukhori-Muslim)

“Janganlah seorang laki-laki dan wanita berkhalwat, sebab syaithan menemaninya. Janganlah salah seorang di antara kita berkhalwat, kecuali wanita itu disertai mahramnya” (HR. Imam Bukhari dan Iman Muslim dari Abdullah Ibnu Abbas ra).

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah tidak melakukan khalwat dengan seorang wanita yang tidak disertai mahramnya, karena sesungguhnya yang ketiga adalah syetan” (Al Hadits)

“Dunia ini dijadikan Allah penuh perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan hidup adalah istri yang sholihah” (HR. Muslim)

“Jika datang (melamar) kepadamu orang yang engkau senangi agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia (dengan putrimu). Jika kamu tidak menerima (lamaran)-nya niscaya terjadi malapetaka di bumi dan kerusakan yang luas” (H.R. At-Turmidzi)

“Barang siapa yang diberi istri yang sholihah oleh Allah, berarti telah ditolong oleh-Nya pada separuh agamanya. Oleh karena itu, hendaknya ia bertaqwa pada separuh yang lain” (Al Hadits)

“Jadilah istri yang terbaik. Sebaik-baiknya istri, apabila dipandang suaminya menyenangkan, bila diperintah ia taat, bila suami tidak ada, ia jaga harta suaminya dan ia jaga kehormatan dirinya” (Al Hadits)

“Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah : a. Orang yang berjihad / berperang di jalan Allah. b. Budak yang menebus dirinya dari tuannya. c. Pemuda / i yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)

“Wahai generasi muda ! Bila diantaramu sudah mampu menikah hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud)

“Kawinlah dengan wanita yang mencintaimu dan yang mampu beranak. Sesungguhnya aku akan membanggakan kamu sebagai umat yang terbanyak” (HR. Abu Dawud)

“Saling menikahlah kamu, saling membuat keturunanlah kamu, dan perbanyaklah (keturunan). Sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya jumlahmu di tengah umat yang lain” (HR. Abdurrazak dan Baihaqi)

“Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah” (HR. Bukhari)

“Diantara kamu semua yang paling buruk adalah yang hidup membujang, dan kematian kamu semua yang paling hina adalah kematian orang yang memilih hidup membujang” (HR. Abu Ya¡¦la dan Thabrani)

“Dari Anas, Rasulullah SAW. pernah bersabda : Barang siapa mau bertemu dengan Allah dalam keadaan bersih lagi suci, maka kawinkanlah dengan perempuan terhormat” (HR. Ibnu Majah,dhaif)

“Rasulullah SAW bersabda : Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diantaramu. Sesungguhnya, Allah akan memperbaiki akhlak, meluaskan rezeki, dan menambah keluhuran mereka” (Al Hadits)

“Barangsiapa yang menikahkan (putrinya) karena silau akan kekayaan lelaki meskipun buruk agama dan akhlaknya, maka tidak akan pernah pernikahan itu dibarakahi-Nya, Siapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya, Allah akan menambahkan kehinaan kepadanya, Siapa yang menikahinya karena kekayaan, Allah hanya akan memberinya kemiskinan, Siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya, Allah akan menambahkan kerendahan padanya, Namun siapa yang menikah hanya karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya atau karena ingin mempererat kasih sayang, Allah senantiasa memberi barakah dan menambah kebarakahan itu padanya” (HR. Thabrani)

“Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, mungkin saja kecantikan itu membuatmu hina. Jangan kamu menikahi wanita karena harta / tahtanya mungkin saja harta / tahtanya membuatmu melampaui batas. Akan tetapi nikahilah wanita karena agamanya. Sebab, seorang budak wanita yang shaleh, meskipun buruk wajahnya adalah lebih utama” (HR. Ibnu Majah)

“Dari Jabir r.a., Sesungguhnya Nabi SAW. telah bersabda : Sesungguhnya perempuan itu dinikahi orang karena agamanya, kedudukan, hartanya, dan kecantikannya ; maka pilihlah yang beragama” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

“Wanita yang paling agung barakahnya, adalah yang paling ringan maharnya” (HR. Ahmad, Al Hakim, Al Baihaqi dengan sanad yang shahih)

“Jangan mempermahal nilai mahar. Sesungguhnya kalau lelaki itu mulia di dunia dan takwa di sisi Allah, maka Rasulullah sendiri yang akan menjadi wali pernikahannya.” (HR. Ashhabus Sunan)

“Sesungguhnya berkah nikah yang besar ialah yang sederhana belanjanya (maharnya)” (HR. Ahmad)

“Dari Anas, dia berkata : ” Abu Thalhah menikahi Ummu Sulaim dengan mahar berupa keIslamannya” (Ditakhrij dari An Nasa’i)

“Adakanlah perayaan sekalipun hanya memotong seekor kambing.” (HR. Bukhari dan Muslim)

32 comments so far

  1. TGH.Nizar AL_Kadiri on

    ,

  2. iman on

    Ass. sukron.. mudah – mudahan dengan hadits-hadits ini dapat membuat saya dan orang orang bisa mengamalkannya. sukron karna telah menyampaikan dakwah rosulullah. Wslam

  3. faradhilah on

    ass.insyaallah bermanfaat buat saya,karena saya akan menjadi calon pengantin,juga seorang isteri yg insyaalla taat,patuh,menghargai juga menghormati suami dengan berpedoman pada al-qur’an juga hadist…..kalo ada berita baru kirim-kirim emailnya ya….saya masih harus banyak belajar lagi,bagaimana jadi seorang isteri yang solehah……insyaallah amiiiin…
    wass.

  4. abdi on

    kalo Biro Jodoh online spt : http://www.BiroJodohIslami.com giman?

  5. yangmil on

    gmn hukum nikah paksa

  6. Al Huzn on

    Alhamdulillah, dapat pencerahan
    Jadi pengen cepet nikah….. kapan ya?

    Udah ada clon sih. tinggal nunggu pendapatan masih serabutan. Takutnya nanti kebutuhan keluarga ga tercukupi. Hehehe

  7. Batman on

    Ass, Subhanallah… Maha Suci Allah yang telah menciptakan Cinta dan semuanya… Saya bertambah yakin dan InsyaAllah siap untuk menikah. Sebelumnya saya sering merasa bimbang dan ragu, karena saya seorang laki-laki yang nantinya akan menjadi imam bagi keluarga saya nanti. terima kasih, Wss…

  8. nyo on

    semoga hadist2 ini bisa jadi pencerahan bagi orangtuaku agar mau menikahkanku

  9. alimox on

    Here you can find tons of great online flash games to play.
    Remember to check back often because we are always adding new games.

    Play Free Online Games http://www.baggygames.com

  10. Safari on

    Minta doanya agar yakin dg pilihanku insya Allah tahun ini sy mau menikah

  11. marwant on

    alhamdulillah trimakasih buat penyedia blog ini aku jadi makin tau

  12. Sri on

    Jazakumullah…trimaksh alhamdulillah sgt bermanfaat..but gmn crnya kalau pengen d kirim pd teman yg lain. Thx

  13. asni on

    Alhamdulillah
    assalamualaikum wr wb…
    akhirnya dapat pencerahan..agar bisa jadi wanita yg sholeh bagi suami…amin..kelak jika saya menikah

  14. dika setiawan on

    subhanallah, rujukan nikah yang antum tulis menggugah semangat para pencari ridho Allah untuk tetap menjalin hubungan sesuai dengan ridho-Nya

  15. busyairi on

    ass. wr. wb. tapi saya berusaha cari istri dah kali-kali ditolak, padahal umur saya 29 jalan, gmn dong??

    • tomysmile on

      semangat,

      kalau mencari pekerjaan saja yang di tolak berkali-kali saja kita masih terus semangat untuk apply, kenapa mencari istri tidak ? jangan berputus asa dalam beribadah, kenapa karena berkeluarga adalah perintah Allah dan sunnah Rasul-Nya yang berarti ini adalah sebuan bentuk ibadah, sekali lagi kenapa harus patah semangat.

      Bahkan kalau dalam pencarian kita, katakanlah Allah telah keburu memanggil kita, maka ketahuilah saudaraku, niat anda sudah tercatat, dan kelak pencarian anda pun akan berakhir, karena nanti Allah telah menyiapkan bidadari-bidadari yang cantik, yang mana belum pernah disentuh oleh pria manapun di dunia ini. Berbahagilah anda. :)

      Jadi, tidak ada kata lain selain, ayo semangat beribadah, mencari istri yang sholehah dan membentuk keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah.

  16. wienbe on

    Assalamualaikum…
    langsung saja ya..
    ada yang ingin saya tanyakan..
    lebih tepatx curhat..
    mana yg harus saya dahulukan, menyelesaikan kuliah S1 sesuai permintaan orang tua saya, atau menikah..
    mohon share kpd saya..
    terimakasih sebelumnya..
    wasalam,,

  17. Habib on

    Assamualaikum..
    Ana mau tanya, benarkah ada hadits rasul yang menjelaskan bahwa “lajang harus dapat dengan lajang dan duda dengan janda”
    karena saya berencana menikahi janda beranak 1.
    Terima kasih

  18. YAN on

    assalammualaikum….
    ana bertanya nih,apakah boleh dalam setahun melakukan pernikahan dalam satu keluarga?
    konkrit na sprti ni:
    ana ada rencana mw menikah dan adik saya(laki2) juga ingin menikah di tahun yg sama.jadi menurut pandangan atau aturan islam apakah boleh di laksanakan dalam setahun?
    katanya tidak boleh….
    jadi saya mohon jawaban yg pasti…

  19. Arev on

    Assalamu’alaikum,,smga Al Qur’an dan hadist ttg nikah diatas,smakin menambh keimanan saya,,

    • diks86 on

      Klo mengemukakan hadist le,ngkapilah dengan perowi agar tidak ada kesimpang siuran. yang ditakutkan adalah beredarnya hadist hadist palsu yang seenak udele dewe.

  20. zahara on

    Syhkran saya sangat senang………………

  21. zahara on

    mmmmmmmmmmmm

  22. aliman suhanda on

    Semoga Alloh memberikan barokah kepada kita semua, semoga Alloh melindungi kita semua dari segala fitnah dunia, hanya dengan kasih dan sayangnyalah kita bisa hidup berkasih sayang dengan sesama muslim…aminyarobalalamin

  23. Pangeran Bima on

    Ass ..
    sukses selalu yaa ….

  24. Areni Caem on

    menuju keluarga yang penuh ibadah

  25. Arya Nanank on

    Terima kasih, semoga bermanfaat buat keluarga dan sahabat saya

  26. mohammad ridho on

    sungguh sangat indah sekali pernikahan itu….

  27. mohammad ridho on

    jadi pengen cepet2 nikah ni,,,heheheheh

  28. tjokro on

    bagai mana klo kita sudah ingin nikah tapi untuk keuangan kita masih takut dan khawatir kedepannya?bagai mana?

  29. hendri on

    tjokro,, bukankah allah sudah berjanji dalam al-qura, skrng terserah antum, antum yakin ato tidak, afwan

  30. Rika on

    bagaimana dengan masalah saya, yang hendak dinikahi seseorang, tapi terhalang oleh restu orang tua saya yang menganut keyakinan jawa, yaitu “2 saudara dilarang 1 besan, karena akan mati salah satunya.” karena orang yang hendak menikahi saya adalah adik dari suami kakak sepupu saya…..
    bagaimana selanjutnya???
    mohon nasihat dan pencerahannya…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: