Datangnya Ilmu

Karun berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku.” Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka. (Al Qashash (28):78)

 

Tahukah anda apa yang menyebabkan Qarun ditelan bumi ?

Ya, ia menganggap bahwa harta yang telah ia kumpulkan begitu banyaknya merupakan hasil dari pemikiran dan ilmunya sendiri.

Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. (Al ‘Alaq :4)

 

Allah telah menekan bahwa, hanyalah diri-Nya yang Maha Memiliki ilmu dan yang telah mengajarkan sebagian kecilnya kepada manusia.

 

Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Al Fatir (35):28)

 

Ulama adalah penerus risalah Rasulullah, ulama adalah mereka yang mengetahui ilmu kebesaran dan kekuasaan Allah. Sesungguhnya hanyalah orang-orang yang memiliki ilmu yang mengerti hakikat hidup ini.

 

Ilmu yang berguna adalah ilmu yang akan mengantarkan manusia untuk dekat dan kembali kepada Sang Maha Pencipta-Nya dan Pemilik semua ilmu.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: